Karya inovatif adalah karya hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni yang bermanfaat bagi pendidikan dan/atau masyarakat, yang terdiri dari:

  1. menemukan teknologi tepatguna;
  2. menemukan/ menciptakan karya seni;
  3. membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum;
  4. mengikuti pengembangan/penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya.




Hubungan antara Karya Inovatif dengan Tugas Mengajar Guru diatur sebagai berikut:

  1. Karya seni, dapat dilakukan oleh semua guru
  2. Karya teknologi tepat guna berupa alat/mesin dan program komputer, dapat dilakukan oleh semua guru
  3. Karya teknologi tepat guna berupa pengembangan bidang sains/teknologi(eksperimen),model pembelajaran/ bimbingan/evaluasi/manajemen/olahraga, alat pelajaran/ peraga/praktikum harus sesuai dengan tugas mengajar guru.

Kategori Karya Inovatif Karya inovatif terdapat dua kategori, yaitu kompleks dan sederhana. Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Teknologi Tepat Guna ditinjau dari ruang lingkup penggunaan/pemanfaatan/durasi, sedangkan alat praktikum dan alat pelajaran didasarkan atas jumlah/durasi karya yang dihasilkan. Kategori kompleks dan sederhana pada Karya Seni ditinjau dari jumlah karya yang dihasilkan dan karya tersebut sudah dipublikasikan (dipamerkan/dipertunjukkan/diterbitkan) minimal pada tingkat kabupaten/kota.

1. Menemukan Teknologi Tepat Guna

Pengertian Teknologi tepat guna adalah karya hasil rancangan/ pengembangan/percobaan sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.

Jenis karya teknologi tepat guna

  1. Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembela-jaran/pembimbingan, pengembangan manajemen, atau pengembangan olah raga yang telah divideokan, sesuai bidang tugas mengajar/membimbing.
  2. Hasil eksperimen sains/teknologi sesuai bidang tugas mengajar, yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat.
  3. Program aplikasi komputer, yang bermanfaat untuk sekolah, pendidikan atau masyarakat, dapat dibuat oleh semua guru, tidak bergantung bidang tugas mengajar/ membimbing.
  4. Alat/mesin yang bermanfaat untuk sekolah, pendi-dikan atau masyarakat, dapat dibuat oleh semua guru, tidak bergantung bidang tugas mengajar/membimbing.

Ciri karya teknologi tepat guna

  1. Bermanfaat untuk pendidikan di sekolahatau bermanfaat untuk menunjang kehidupan masyarakat.
  2. Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolahatau di lingkungan masyarakat tersebut.
  3. Karya teknologi tepat guna yang digunakan untuk masyarakat harus memiliki surat keterangan dari pihak berwenang minimal dari kecamatan atau instansi tempat karya teknologi tepat guna digunakan.

Berikut contoh laporan Karya Inovasi:

  1. 2016_Laporan ALAT PERAGA PAI; Standing Banner_SMK N 2 KASIHAN
  2. 2019_Laporan Pembuatan Alat Peraga PAI_POSTER AYAT-AYAT Al-Qur’an K13_SMK N 2 KASIHAN
  3. 2019_Laporan Penyusunan Soal USBN PAI_Kemenag DIY_Peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *