Goa Pindul-Gunungkidul. Sebanyak 16 GPAI SMK Kota Malang yang tergabung dalam wadah MGMP PAI SMK KOTA MALANG melakukan kunjungan Study Tiru ke MGMP PAI SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Ketua MGMP PAI SMK Kota MALANG; Nur Khaliq, M.Pd. menyatakan bahwa maksud kunjungannya ke Yogyakarta (MGMP PAI SMK DIY) tiada lain untuk melakukan Study Tiru terkait Kurikulum Merdeka (K21) dan Penanganan atau pengentasan Program Baca Tulis Al-Qur’an.

Menurutnya, MGMP PAI SMK DIY – Dwi Priyana, S.Ag., M.Pd. sebagai ketuanya – dipandang representatif dalam hal implementasi kurikulum Merdeka terlebih MGMP PAI SMK DIY sudah menyusun Modul Ajar Pembelajaran PAI SMK kelas 10 Semester Gasal yang isinya sudah mengakomodir pola pembelajaran paradigma baru yang kental/khas dengan profil Pelajar Pancasila dan muatan Moderasi Beragama yang sudah disinergikan dengan kebutuhan atau kearifan lokal (local wisdom) Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam pertemuan tersebut dibahas juga terkait permasalahan-permasalah yang real terjadi di lapangan terkait kemampuan peserta didik SMK yang masih minim dalam penguasaan Baca Tulis Al-Qur’an. Diskusipun berlangsung secara hangat penuh rasa kekeluargaan dengan saling sharing praktik baik (best practice) tentang foollow up dari permasalah BTQ tersebut, antara lain: dipandang perlu berkomunikasi dengan pihak kurikulum untuk mengalokasikan waktu khusus (semisal 30 s.d 45 menit setiap minggunya di awal pembelajaran) untuk diagendakan program Literasi Kitab Suci. Melalui program mingguan tersebut, kelompok peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan yang sudah bisa atau mahir membacanya maka dipisahkan dan tidak dicampur/gabung. Kelompok tersebut kemudian dilatih/dikursus oleh tenaga ahli/kompeten di bidang Al-Qur’an. Harapannya ketika satu atau dua semester berlangsung maka peserta didik dapat teratasi masalahnya dalam hal membaca Al-Qur’an sehingga ketika lulus dari SMK sudah bisa membaca Al-Qur’an.

Akhirnya, MGMP PAI SMK DIY memberikan Modul Ajar PAI SMK Kurikulum Merdeka kelas 1o Semester – yang didesain untuk guru dan murid – kepada masing-masing GPAI SMK dari rombongan MGMP PAI SMK KOTA MALANG. Harapannya dapat diambil sisi positip dari Modul Ajar tersebut untuk kemudian diambil ataupun ditiru untuk kemudian diaplikasikan sesuai karakteristik peserta didik di Kota Malang Jawa Timur.

Setelah kunjungan tersebut, rombongan MGMP PAI SMK KOTA MALANG selanjutnya melalukan healing dengan menyusuri Goa Pindul Gunungkidul didampingi pemandu dari obyek wisata tersebut. Terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada segenap GPAI SMK Kota Malang melalui MGMP PAI SMK Kota Malang atas kepercayaan dan apresiasinya kepada MGMP PAI SMK DIY, semoga hubungan silaturahmi/kekeluargaan yang terjalin begitu indah ini berlimpahkan berkah-Nya. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *