Bertempat di pantai Sundak Sradanan Gunung Kidul pada hari sabtu tanggal 28 November 2020 mulai pukul 09.30 WIB, Rapat kerja Pengurus Musyawarh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta (MGMP PAI SMK DIY) yang ke-8 dilaksanakan dengan penuh suka-cita. Para pengurus yang berjumlah 21 GPAI (Guru Pendidikan Agama Islam) datang dari berbagai kabupaten/kota se-DIY setelah sebelumnya mereka berkoordinasi untuk mempersiapkan transportasinya. MGMP PAI SMK DIY sendiri memberikan subsidi untuk setiap armada/mobil yang membawa rombongan dari kabupaten Kulon Progo, Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Rombongan tiba di titik kumpul (SMK N 1 Tanjungsari Gunung Kidul) pada pukul 09.05 WIB untuk kemudian secara bersama-sama menuju lokasi Raker Pengurus (pantai Sundak Sradanan). Pelaksanaan Raker Pengurus dilakukan secara mobile (berpindah-pindah dari suatu kabupaten/kota ke kabupaten/kota yang lainnya, dengan urutan: 1. Kabupaten Gunung Kidul, 2. Kabupaten Kulon Progo, 3. Kabupaten Sleman, 4. Kabupaten Bantul, dan 5. Kota Yogyakarta).

Dalam Raker Pengurus MGMP PAI SMK DIY VIII ini diundang antara lain: ketua POKJAWAS PAI SMA/SMK DIY (Drs. H. Khoirul Badri, M.Pd.), ketua POKJAWAS PAI SMA/SMK Gunung Kidul (Drs. H. Kundarto, M.A.), ketua MGMP PAI SMK DIY periode 2005-2009 (Dra. Hj. Hanik Rosyada, M.Pd.), pengurus MGMP PAI SMK DIY periode 2009-2019 (Dra. Hj. Habibah, M.S.I., Drs. H. Hamid Nurhadi, S.Ag yang purna tugas, dan Arif Kurniawan, M.Pd.). Sehubungan ketua POKJAWAS DIY sedang mengikuti kegiatan Kemenag Pusat di Sorong-Papua, maka kegiatan Raker Pengurus MGMP PAI SMK DIY kali ini disampaikan oleh ketua POKJAWAS Gunung Kidul (Drs. H. Kundarto, M.A.) tentang sosialisasi SIMPINTER (Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Terintegrasi). Dalam sosialisasi tersebut ditekankan pentingnya sebuah menejerial/pengelolaan data yang terintegrasi antara GPAI dan Pengawas PAI di seluruh wilayah Indonesia). SIMPINTER hadir sebagai sebuah kreativitas Kelompok Kerja Pengawas Nasional (POKJAWASNAS) yang menjembatani dan menyediakan kebutuhan administrasi GPAI dan Pengawas PAI semua jenjang pendidikan; SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB. Melalui SIMPINTER ini GPAI tidak lagi disibukkan dengan administrasi pembelajaran sehingga lebih fokus dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendidik untuk melaksanakan proses pembelajaran di dalam/luar kelas/sekolah. Dalam kaitannya dengan tugas kepengawasan, melalui SIMPINTER ini pengawas dimungkinkan tidak harus bertemu langsung dengan GPAI binaannya jika suatu saat berhalangan hadir umtuk tatap muka langsung. Penerbitan lembar penilaian dapat di-download atau di-upload melalui SIMPINTER ini, baik oleh GPAI ataupun pengawas yang bersangkutan.

Acara inti Raker Pengurus VIII berupa evaluasi pelaksanaan program kerja bidang Pengembangan Kompetensi berupa Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video yang pada tanggal 26 Oktober 2020 beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan di SMK N 1 Bantul yang diikuti oleh 50 GPAI SMK se-DIY. Acara kemudian dilanjutkan dengan proyeksi penyelenggaraan lomba GPAI dari program kerja bidang Humas dan Kerjasama, sebagai follow up dari Workshop/Pelatihan multymedia tertanggal 26 Oktober 2020 tersebut. Rencana penyelenggaraan lomba GPAI ini akan dikomunikasikan dengan PAKIS Kemenag DIY dan Dinas DIKPORA DIY.

Acara Raker Pengurus yang ke-8 kali ini cukup berbeda dengan Raker-raker sebelumnya, yaitu adanya tali asih sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada pengurus MGMP PAI SMK periode sebelumnya (senior). Dra. Hj. Hanik Rosyada_SMK N 1 Tempel-Sleman sebagai ketua MGMP PAI SMK selama dua periode; 1999-2004 dan 2004-2009 beserta pengurus lainnya (Dra. Hj. Habibah, M.S.I._SMK N 2 Depok-Sleman dan Drs. H. Hamid Nurhadi_SMK N 1 Sedayu-Bantul, Arif Kurniawan, M.Pd._SMK N 5 Yogyakarta) mendapatkan tali asih yang kemudian disampaikan oleh ketua MGMP PAI SMK DIY periode 2009-2014 dan 2014-2019 (Asrohman, S.Ag._SMK N 1 Pengasih-Kulon Progo), untuk kemudian mereka memberikan sepatah kata (kapur sirih) sebagai motivasi bagi pengurus MGMP PAI SMK DIY periode 2019-2022 (sekarang). Dalam arahannya, dra. Hj. Hanik Rosyada memberikan motivasi kepada seluruh pengurus untuk tetap konsisten dalam menjalankan amanat sebagai pengurus dan wakil GPAI SMK se-DIY. Lebih lanjut, Dra. Hj. Habibah, M.S.I. menggaris bawahi untuk senantiasa semangat, loyal dalam mengabdikan diri sebagai GPAI SMK dan pengurus MGMP PAI SMK DIY.

Setelah penyampaian tali asih, acara dilanjutkan dengan ibadah shalat zhuhur berjama’ah kemudian makan siang dan dilanjutkan acara tadabbur alam dan snorkeling di pantai Sundak Sadranan selama kurang lebih 1,5 jam. Pada pukul 15.00 WIB para pengurus menuju armadanya masing-masing untuk kemudian pulang menuju kabupaten/kotanya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *