Follow up dari hasil Rapat kerja Pengurus MGMP PAI SMK Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-7 di SMK N 5 Yogyakarta: Sabtu, 05 September 2020 yang mengagendakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video, maka diputuskan adanya kepanitiaan sebagai berikut:

Ketua : Achmad Arifudin, S,Pd.I., M.Pd. _SMK N 1 Ponjong Gunung Kidul

Sekretaris : Akhmad Affandi, S.Pd.I. _SMK N 2 Wonosari Gunung Kidul

Bendahara : Endri Nurdasanti, S.Ag. _ SMK N 1 Pajangan Bantul

Anggota : Miswan, S.Ag. _ SMK N 5 Yogyakarta

                : Aris Budi Santoso, S.Pd.I., M.S.I.

Bertempat di SMK N 1 Bantul Yogyakarta, sebanyak 50 GPAI SMK Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video yang diselenggarakan oleh MGMP PAI SMK DIY bidang Pengembangan Kompetensi (bpk. Achmad Arifudin, S.Pd.I., M.Pd. sebagai ketua panitia), pada hari Sabtu, 26 September 2020 mulai pukul 08.00 s.d 16.00 WIB.

Kepala Bidang PAKIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta: Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd. menyampaikan sambutannya (secara virtual dari rumah kediamannya di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta) mengatakan bahwa memberi apresiasi kepada segenap pengurus MGMP PAI SMK DIY atas terselenggaranya kegiatan ini. Lebih lanjut beliau menyampaikan: GPAI (SMK) harus beradaptasi dengan perkembangan peserta didik dan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mentransformasi materi kepada mereka secara menarik melalui multymedia diantaranya video. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video merupakan upaya GPAI dalam perannya sebagai pendidik agar materi PAI dapat diterima dan dipahami secara cepat, tepat dan mudah oleh peserta didik. Kepala Kabid PAKIS juga menambahkan bahwa GPAI (selain memiliki 4 kompetensi: Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial) harus mempunyai kompetensi spiritual dan menejerial. “Melalui kepanitian sebuah kegiatan semisal Pelatihan ini, GPAI belajar secara langsung merencanakan, mengelola/melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan ataupun program kerja MGMP di bidangnya.” imbuhnya.

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video dengan Pemateri ibu Nurwastuti Setyowati, S.Pd.I. (GPAI SMK N 1 Saptosari_Gunung Kidul) dan bpk. Sumanto, S.Ag. M.S.I. (GPAI SMK N 1 Tanjungsari-Gunung Kidul) yang memandu 50 peserta GPAI SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pembuatan media pembelajarannya menggunakan template Powerpoint (secara offline dan online) untuk kemudian di-publish dalam format video (MP4). Hadir juga dalam kegiatan ini Kasi PAIS Kementerian Agama Kabupaten Bantul: bpk. Muhammad Tahrir, S.E., M.M. yang memberikan arahan/sambutannya akan pentingnya GPAI berkomitmen meningkatkan kapasitas keilmuan dan keterampilannya terutama dalam penggunaan IT (penggunaan komputer ataupun HP untuk kepentingan pembelajaran/pendidikan). Pendidik (terlebih penerima TPG: Tunjangan Profesi Guru) harus menganggarkan dananya guna tercapainya peningkatan kompetensi profesionalnya sebagai seorang pendidik agar peserta didik mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

Peserta dari 50 GPAI SMK se-Daerah Istimewa sangat antusias mengikuti materi pelatihan yang disampaikan oleh kedua narasumber sampai akhir kegiatan, terlebih pada akhir sesi panitia menyempatkan acara sesi testimoni yang kemudian salah satu peserta (Abdul Rosyid, S.Ag., M.M._SMK YPPN Sleman) menyampaikan sarannya agar Pelatihan serupa dilanjutkan pada kesempatan yang lain (berlanjut).

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran PAI Berbasis Video selanjutnya akan dievaluasi secara bersama oleh Pengurus MGMP PAI SMK Daerah Istimewa Yogyakarta pada Rapat Kerja Pengurus yang ke-8 di Kabupaten Gunung Kidul pada akhir bulan Oktober 2020).

Berikut Sertifikat Peserta dan Pemateri Pelatihan Multymedia PAI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *